Bagi teman-teman panitia inisiasi FISIP UAJY dan mahasiswa baru FISIP UAJY angkatan 2009 yang mempunyai unek-unek, cerita lucu-duka-lara selama inisiasi 11-12 Agustus lalu, bisa mengirimkan karya tulisnya ke alamat redaksi Selasar Online di xaveriuszoned@yahoo.com atau hendiva87@yahoo.com

Karya yang dikirim akan diseleksi terlebih dahulu, sebelum dimuat.

ttd
Tim Jurnal
News Ticker News Slideshow fotonya sudah di-upload! Tapi belum semuanya. Harap sabar ya! Divisi Dokumentasi masih berusaha merampungkan semuanya. Trailer filmnya ditunggu saja ya!

Kumpulan Artikel: Sejarah SIngkat, Visi, MIsi FISIP UAJY

ditulis oleh Kade Galuh

Sebelum mengetahui sejarah FISIP, ada baiknya mengetahui sejarah berdirinya Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Pendirian Universitas Atma Jaya Yogyakarta digagas pertama kali oleh Drs. A.J. Liem Sioe Siet yang saat itu menjabat Sekretaris I Ikatan Sarjana Katolik (ISKAT) Cabang Yogyakarta.

Gagasan Liem kemudian dibawa dalam Rapat Umum Anggota ISKAT Cabang Yogyakarta. Untuk mewujudkan gagasan tersebut, pada tanggal 1 November 1964, ISKAT Cabang Yogyakarta membentuk Panitia Kecil yang kemudian disebut sebagai Pendiri Universitas Atma Jaya Yogyakarta, dengan susunan sebagai berikut:

Ketua : Prof. R.A. Soehardi, S.H.
Sekretaris : Drs. A.J. Liem Sioe Siet
Anggota : A. Sutijoso, S.H.
Prof. Drs. Oey Liang Lee
Dr. Leo Soekoto, S.J.

Saat itu kelima orang ini dikenal dengan sebutan “Lima Serangkai”. Pada tanggal 13 Mei 1965 “Lima Serangkai” berhasil membentuk Yayasan Universitas Katolik Indonesia Atmajaya Cabang Yogyakarta, yang sekarang menjadi Yayasan Slamet Rijadi Yogyakarta.

Setelah didahului dengan Misa Kudus yang dipimpin oleh Romo Dr. Leo Soekoto, S.J. di Gereja Santo Antonius, Kotabaru, maka pada tanggal 27 September 1965, di bawah lindungan Santo Albertus Magnus, kelahiran Universitas Katolik Indonesia Atmajaya Cabang Yogyakarta diresmikan dalam sebuah upacara di Gedung Bank Negara Indonesia Unit V (sekarang Bank Tabungan Negara) Jalan Jenderal Sudirman 43 Yogyakarta.

Sejak 31 Agustus 1973 Universitas Katolik Indonesia Atmajaya Cabang Yogyakarta melepaskan diri dari Universitas Katolik Indonesia Atmajaya di Jakarta, dan berdiri sendiri dengan nama Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Visi Universitas Atma Jaya Yogyakarta yaitu menjadi komunitas Atma Jaya Yogyakarta yang berjiwa unggul, inklusif dan humanis serta mampu memberi sumbangan pada kualitas kehidupan yang lebih baik melalui pelayanan dalam cahaya kebenaran.

Sedangkan misi Universitas Atma Jaya Yogyakarta yaitu memberikan sumbangan pada peningkatan dan kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi, dan ketrampilan professional yang bermanfaat bagi martabat manusia melalui karya yang unggul dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat dengan semangat pelayanan dalam cahaya kebenaran.

FISIP UAJY
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UAJY didirikan pada bulan Juli 1991 dengan Surat Keputusan Mendikbud Republik Indonesia Nomor 082/0/1992 tentang status terdaftar bagi Jurusan Ilmu Komunikasi, disusul dengan Surat Keputusan Dirjen Dikti Depdikbud nomor 266/DIKTI/Kep/1994 tentang status terdaftar bagi Jurusan Sosiologi pada tahun 1994.

Meskipun menyandang nama sebagai Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, namun FISIP UAJY belum menyediakan jurusan Hubungan Internasional sebagai wadah berpolitik mahasiswa.

Visi FISIP yaitu memiliki komitmen pada pengembangan ilmu dan pengetahuan dalam bidang sosial dan politik untuk mendidik manusia yang humanis dan demokratis. Visi tersebut akan diwujudkan melalui misi yaitu menumbuhkan analisis kritis mahasiswa yang berlandaskan pada sikap demokratis yaitu menghargai perbedaan, keterbukaan, dan sikap kritis serta menghargai nilai-nilai dasar kemanusiaan.

FISIP memiliki dua program studi dan beberapa konsentrasi studi pada masing-masing program studi. Konsentrasi studi dimaksudkan untuk memberi fokus studi pada mahasiswa sesuai dengan minat dan kemampuannya.

Komunikasi
Program studi pertama adalah Ilmu Komunikasi, dengan empat konsentrasi studi yaitu Kajian Media, Komunikasi Pemasaran dan Periklanan, Hubungan Masyarakat, dan Jurnalisme. Visi Lembaga Pendidikan Tinggi yang mengkaji ilmu komunikasi bagi terwujudnya pilar dan tradisi masyarakat ilmiah-intelektual yang mengutamakan keseimbangan prinsip-prinsip sains, etik, praktik dan mengakar pada hakekat integritas manusia.

Maksud dari visi ini lebih pada profesionalitas pada bidang kerja masing-masing. Sedangkan misi Program Studi Ilmu Komunikasi yaitu memfasilitasi terwujudnya aktivitas ilmiah-intelektual secara sinergis-dialetis dan kolaboratif bagi peningkatan kompetensi sains dan praktik sivitas akademika ilmu komunikasi serta kualitas kehidupan manusia.

Sosiologi
Program Studi kedua adalah Sosiologi. Visi prodi Sosiologi yaitu mengembangkan Sosiologi sebagai ilmu pengetahuan yang bersifat terapan dengan kepedulian terhadap nilai-nilai kemanusiaan, kesejahteraan yang berkeadilan, dan sustainability.

Visi ini akan diwujudkan melalui misi pengembangan institusi, sumber daya, dan fasilitas yang diperlukan dalam rangka mencapai tujuan program studi yaitu menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan dasar untuk melakukan penelitian, membuat analisis, dan merumuskan solusi.

0 komentar:


View My Stats